Kamis, 07 Mei 2009

Cara Membuat Video Tutorial Sederhana

Pernahkan kamu mendownload video tutorial di You Tube? Tutorial seperti tutorial cara membuat image menjadi lebih menarik atau buat yang suka programming ada juga lho programmer yang membuat video tutorialnya sendiri. Nah buat yang suka sharing ilmu pasti sharing kamu akan lebih atraktif lagi bila penjelasannya di buat dengan video tutorial ala bahasa kamu sendiri.

Lalu bagaimana caranya?

Simple bangat, kamu cuma butuh Microphone sebagai masukan suara kamu ke komputer. Kamu persiapkan ilmu dan materi tutorialnya serta persiapkan suara kamu agar nanti jelas saat menjelaskan tutorial.

Oiya satu lagi persiapan yang wajib adalah mendownload terlebih dahulu software pendukung video tutorialnya. Kamu bisa mendownload CamStudio di alamat ini sebagai software gratis untuk membuat video tutorial ala kamu banget. Setelah kamu install pada komputer kamu. Maka pembuatan video tutorial sudah dapat dilakukan.

Jalankan softwarenya, jangan lupa pasang juga microphone-nya dan persiapkan air putih disamping kamu.

Sebelum kamu merekam tutorial pada komputer kamu.Setting dahulu bagian mana yang akan kamu capture ( ambil gambarnya ) pada menu Region. Lalu setelah itu aktifkan suara (microphone) pada menu Option dan Klik Record Audio From Microphone. Bila di video kamu nanti tercantum nama kamu maka buatlahjavascript:void(0) catatan pada Tools lalu pilih Annotations. Silakan explore sendiri setingan pada menu-menu CamStudio.

Pada CamStudio, default hasil video akan bertipe file .avi namun kamu bisa membuat tutorial dalam bentuk file .swf dengan mengklik icon lambang SWF. Namun bila ingin tipe file video yang lain, sayangnya untuk saat ini CamStudio belum menyediakannya. Kalau kamu mau silakan convert hasil video tutorial kamu ke tipe video lain dengan menggunakan software tambahan seperti SuperConvert yang dapat kamu download gratis di situs ini.

Bila sudah siap dengan semua setingan yang telah kamu seting maka langung dech kamu mulai tutorial ala kamu dengan mengKlik icon Record. Bila penjelasan kamu dalam tutorial tersebut telah cukup, jangan lupa klik icon Stop untuk menyudahi tutorial kamu. Beri nama file video kamu lalu simpan. Dan video tutorial kamu telah berhasil dibuat.

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dilaksanakan dan disebarluaskan kepada orang lain. Ilmu itu harusnya gratis, hanya manusianyalah yang membuat ilmu itu mahal, jadikan ilmu itu gratis dan sharing terus walau hal itu kecil asal bermanfaat.


Sumber: http://terusbelajar.wordpress.com/

0 komentar: